Siapkan Diri, Ini Gejala Saat Anda Berhenti Merokok !!



Ini Gejala Saat Anda Berhenti Merokok !!
Hal ini penting agar bisa mempersiapkan mental dan tidak terlalu kaget dengan perubahan mental maupun fisik yang terjadi sehingga tidak membuat Anda menyerah dan kembali merokok.
Mengutip time of india, gejala terdiri dari:

Psikologis

1. Depresi:
Merasa rendah diri, sedih bahkan putus asa. Jadi sebaiknya tetap bergaul dengan teman dan lingkungan, tapi ingat sebaiknya bergaul dengan lingkungan yang akan mendukung Anda untuk berhenti merokok.

2 .Marah:
Pergolakan emosi bisa membuat marah. Cobalah menenangkan diri dengan menghitung satu sampai 10, setelah selesai, berpikir dengan tenang dan meyakinkan diri bahwa keputusan berhenti merokok adalah

3. Bosan:
Ketika bosan, lelah dan tertekan, mungkin pelariannya adalah rokok. Sekarang ketika Anda sudah mulai bosan, beralihlah ke aktivitas lain yang lebih berguna seperti menyalurkan hobi atau terlibat dalam kegiatan sosial.

4. Kesepian:
Mungkin ini akan membuat Anda kesepian, tidak sabar dan mudah tersinggung. Jika teman Anda sibuk, sebaiknya lakukan hal yang menjadi kesukaan atau hobi atau justru mencoba hal baru yang belum pernah sebelumnya seperti memasak.


Fisik

1. Ketidaknyamanan pada sistem percernaan:
Mungkin Anda akan merasa kram, mual,perut kembung dan sembelit. Saatnya Anda mengubah pola makan dan berolahraga meski hanya sebentar. Lakukan dengan perlahan-lahan.

2. Masalah pada hidung dan tenggorokan:
Hidung dan tenggorokan akan mencoba menghapus lendir akibat rokok yang telah menumpuk mungkin bertahun-tahun.

Mungkin akan mengalami batuk, tenggorokan dan mulut kering. Banyaklah mengkonsumsi cairan untuk mempercepat proses ini.

3. Nafsu makan meningkat:
Cara terbaik adalah banyak mengkonsumsi cairan dan makan makanan ringan rendah kalori.

4. Sakit kepala:
Kurangnya nikotin dapat menyebabkan sakit kepala, tapi jangan menyerah. Jalan keluarnya lakukan pemijatan ringan pada kepala, mandi air hangat, banyak minum dan ambil nafas dalam-dalam.

5. Kurang tidur:
Insomnia kerap menyerang setelah berhenti merokok. Solusinya, sebelum tidur, mandi air hangat, latihan pernafasan dan yang penting, jangan minum kopi.

6. Gelisah atau susah berkonsentrasi:
Ketika merokok, ini memang akan menenangkan saraf, dan ketika Anda mulai tidak merokok, ini membuat mudah gelisah dan sulit konsentrasi. Solusinya, dengarkan musik yang bisa menggantikan rokok untuk menenangkan diri dan beristirahatlah dari kegiatan sehari-hari.

7. Masalah kulit:
Pada awal-awal, berhenti merokok membuat kulit lebih sensitif seperti pecah-pecah dan menjadi jerawat atau luka kulit lainnya. Ini karena tubuh sedang mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh.

Yang terpenting adalah jangan pernah menyerah, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa tubuh akan lebih baik ketika tugas mereka mengeluarkan racun-racun dari rokok sudah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Kontak

Hubungi Kami

Silahkan hubungi kami dengan menggunakan kata-kata yang sopan, atau kalian bisa whatsapp langsung (dilarang menelpon).

Alamat:

Jl. Abdul Ghani Raya, Cilodong, Depok, 16414 C

Jam Online:

Senin - Minggu, 24jam

No WA:

0813 7813 3905